MATERI PITA MAGNETIK DAN OPTICAL DISK

 PERBEDAAN OPTICAL DISK DAN PITA MAGNETIK


OPTICAL DISK

Optical Disk adalah tipe media yang membutuhkan laser untuk melakukan penyimpanan maupun pemanggilan informasi yang telah disimpan. Optical disk terbagi ke dalam tiga jenis yaitu CD-ROM, WORM,dan erasable.


Apa fungsi optical disk?

Dalam istilah komputer, penggerak cakram optis atau pengandar cakram optis (bahasa Inggris: optical disc drive, atau ODD) adalah sebuah penggerak cakram yang menggunakan sinar laser atau gelombang elektromagnetik sebagai bagian dari proses membaca atau menulis data ke dalam atau dari cakram optis.

Selain itu, terdapat beberapa jenis Optical Disk yang bisa Anda beli di toko komputer seperti berikut ini.

• Compact Disc

• Digital Video Disc

• Blu-ray

• FM DISK


PITA MAGNETIK


Penyimpanan magnetik merupakan peranti penyimpanan sekunder yang paling banyak dijumpai pada sistem komputer modern. Pada saat cakram digunakan, motor drive berputar dengan kecepatan yang sangat tinggi. Ada sebuah read-write head yang ditempatkan di atas permukaan piringan tersebut.


Apa fungsi dari pita magnetik?

Magnetic disk atau dalam bahasa Indonesia di sebut dengan penyimpanan magnet dan orang Indonesia menyebut nya dengan harddisk atau HDD, merupakan penyimpanan yang digunakan untuk menyimpan data file pada sistem komputer bisa berubah file dokumen, foto, video, suara dan lain-lainnya.


Kelebihan Pita Magnetik?

• Keuntungan Hemat Biaya

• Biaya Keseluruhan Rendah


Kekurangan Pita Magnetik?

Kurang Rentan terhadap Ancaman Online


Kelebihan optical disk : Beratnya lebih ringan dari beberapa media penyimanan Magnetic Disk.


Kekurangan optical disk: Kapasitas memorinya lebih kecil dari Magnetic Disk dan Jika tergores maka resikonya data tidak akan terbaca.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

15 Kesimpulan Raid